PASANG BANNER ANDA DISINI HUB:artikelcontoh@gmail.com

PRASASATI DAN BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA

PRASASATI DAN BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA


Judul buku   : Prasasti dan Banguna Bersejarah di Indonesia
Penulis         : Anandita F.P. & Edi Warsidi
Penerbit       : ADHI AKSARA ABADI INDONESIA
Ketebelan     : 52 halaman











BAB  I             
Mengenal Prasasti DI Indonesia
Prasasti adalah piagam ( yang di tulis pada batu, tembaga, dan media lainnya ). Cara masarakat yang belum mengenal tulisan mereka dan mewarisakan masa lalunya dilakukan melalui tradisi lisan, tradisi lisan merupakan tradisi yang terkait dengan kebiasaan  atau adat istiadat menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan pengalaman sehari-hari  dari seseorang kepada orang lain. Cara lain untuk mewariskan nila masa lalu mengembangkan tradisi sejarah, sebutan tradisi sejarah adalah istilah yang kita ciptakan untuk mereka, dan mereka sendiri tidak mengenal konseb sejarah. Di beberapa daerah di Indonesia. Masyarakat di Kalimantan timur, misalnya sudah memiliki sejarah sejak mereka mampu menuliskan peristiwa. Pujangga adalah pada pandangan raja kehidupan raja, dan setelah itu lingkungan klompok etnisnya, sejarah lokasi adalah sejarah dari suatu tempat atas lokasi yang batas batasnya di tentukan oleh penulis sejarah, sejarah lokasi dapat di artikan sebagai sejarah klompok masyarakat yang berada dalam daerah geografis yang terbatas. Gambaran hidup masyarkat desa yang bersahaja ini merupakan kesan pertama yang dapat wisatawan tangkap ketika memasuki kehidupan kampng Naga di Tasikmalaya,kampong Naga terletak di sebelah lembah yang subur di timur laut provinsi Jawa barat. Serta yang unik semua bangunan yang ada di kampung Naga harus menghadap ke utara atau selatan,hal munik yang lain masyarakat Naga mengenal tiga hari tabu yang dilakukan di berlakukan bagi para warga nya pada tiga hari itu tersebut mereka dilarang untuk mencritakan sejarah mengenai tanah leluhur atau lainya kepada siapa saja.







BAB  II             
Prasasti DI Indonesia
                Sejak jaman dahulu, wilayah nusantara merupakan wilayah terbuka, pengaruh bahasa Sansekerta dan penggunaan huruf Pallawa cukup besar dalam membentuk kepandaian bangsa Indonesia dalam hal melek huruf ( literate ) bahasa Sansekerta dan huruf Pallawa yang digunakan dalam prasasti. Pada tahun ke 22 masa pemerintahhanya,Raja Purnawarman memerintahkan rakyatnya untuk membangun sebuah terusan Gomati yang panjangnya 6122 busur atau 12 km yang bisa di selesaikan dalam waktu 21 hari.
BAB  III          
Bangunan Bersejarah
              Borobudur merupakan candi terbesar di dunia dalam salah satu dari 7 keajaiban, terletak di sebelah barat laut kota Yogyakarta. Banyak teori yang di buat untuk menjelaskan nama candi ini, salah satunya dinyatakan bahwa nama ini kemungkinan bearasal dari kata sambharabhudhara yaitu artinya “Gunung” ( bhudara)di mana di lereng-lerengnya terletak teras-tetas selain itu terdapat beberapa etimologi. Misalkan kata Borobudur berasal dari ucapan “para Buddha” yang karena pergeseran bunji menjadi Borobudur penjelasam lain bahwa nama ini berasal dari dua kata “bara” dan “beduhur” kata bara konon berasal dari kata vihara,sementara apa pula penjelasan lain di mana bara berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya ialah “Tinggi” atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang merarti “di atas”. Di setiap tingkatan di pahat relief-relief pada dinding candi, relief relief ini dibaca sesuai arah jarum jam atau di sebut mepradaksina dalam bahasa jawa kuno yang  berasal dari bahasa Sansekerta Daksina yang artinya ialah timur. Candi kalasan merupakan peninggalan Budha yang tertua di daerah Yogyakarta dan jawa tengah di bangun pada tahun 778 masehi sebagai persembahan kepada dewa tara. Candi Prambanan merupakan peninggalan Hindu terbesar di kawasan Jawa tengah dan daerah Istimewa  Yogyakarta terletak kurang lebih 17 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi Sari berarti candi yang indah dan sesuai dengan namanya bentuk candi ini  ramping indah, petilatas kraton book terletak di atas sebuah bukit kurang lebih 2 kilometer di sebelah selatan kompleks candi prambanan. Istana pagaruyung atau Istana basa terdapat di daerah batu sangkur [ Sumatra ]

Istana-Istana
Pagaruyung/ Istano Basa [ Sumatra Barat ]
Istana Pagaruyung sebenarnya merupakan [ replica] [tiruan] dari yang asli istana pagaruyung asli terletak diatas bukit batu patah dan terbakar habis pada peristiwa kerusuhan di tahun 1804.
Pembangunan kembali Istana Pagaruyung dilakukan dengan peletakan tunggak tuo [ tiang utama] pada 27 desember 176 oleh Gubernur Sumatra Barat [ waktu itu Harus Zain] . Kata keratin atau dalam bahasa asli disebut keratin berkoleksi dipusat kota Yogyakarta, Kraton artinya tempat Raja dan Ratu tinggal atau kata lain kedaton yang artinya sama.
Museum- Museum
MusiumTNI Satria Mandala & Museum Waspada purbawisesa
Museum Satria Mandala adalah museum sejarah perjuangan  Tentara Nasional Indonesia
Yang terletak dijalan Gatot Subroto, Jakarta.
Semula museum ini merupakan temapat kediaman Ibu Ratna Sari Dewi [ Istri Almarhum Preiden Soekarno] Setelah Pak Soekarno wafat, tempat ini kemudian tempat ini diserahkan kepada Pemerintah untuk dijadikan Musium Satria Mandala yang artinya tempat mengenang jasa Pahlawan.
 Gedung merdeka dibangun padaa tahun 1879 oleh  arsitek berkebangsaan Belanda bernama Van Galen dan cpo wort Last Schoomaker .
Benteng-Benteng
Benteng Vastenburg, Surakarta [ Jawa Tengah ]
Dahulu bernama  ‘’Grootmoedigheid’’  benteng ini didirikan oleh Jendral Baron Van Imhoff pada tahun 1745. Benteng ini berfungsi sebagai benteng pertahanan tentara Hindia Belanda wilayah Jawa Tengah. Benteng ini didirikan dipusat Surakarta, dekata dengan Keraton Kasunanan. Masyarakat jawa menyebut anak tangga yang menuju makam Imogiri adalah trapu sewu yang artinya tangga seribu.




Monumen-Monumen
Tugu Proklamasi
Pada tanggal 17 Agustus 19 45 dibacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI di Kebangsaan Timur yang sekarang berdiri di sana Gedung Pola, di Kompleks Taman Proklamasi di jalan Proklamasi Jakarta Pusat terdapat Patung Bung Karno dan Bung Hatta, yang lebih dikenal sebagai tugu

Proklamasi.
Monumen Jogya kembali
Monumen Jogya kembali di bangun pada tanggal 29 Juni 1985, Dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. ‘’Yogya kembali’’  memiliki pengertian yang luas, berfungsinya Pemerintah Republik Indonesia dan sebagai tanda peristiwa sejarah.Di tarik mundurnya tentara Belanda dari Ibu kota Yogyakarta pada tanggal 29 juni 1949
Wisata Sejarah Perjuangan di Sumedang [ Jawa barat ]
Salah satu tempat yang menjadi saksi sejarah terdapat di Sumedang, Jawa barat.
Di Daerah ini terdapat sejumlah benteng instalasi militer lainya yang di bangun pada zaman Hindia Belanda.

Tempat Wisata Prasejarah Sangiran [ Jawa Tengah ]
Sangiran adalah daerah pedalaman yang terletak di lereng kaki gunung lawu, sekitar 17 km ke arah utara dari kota Solo.

Taman Sari [ Yogyakarta ]
Di masa silam di tempat ini dipergunakan Sri Sultan untuk bersemedi , mengheningkan cipta, memadukan cita dan karsa untuk memimpin Pemerintahan KASULTANAN.

Tempat Wisata Sejarah di Papua
Museum Cendrawasih yang berisikan benda-benda tradisional dan adat budaya khas Biak, Sejata perang dunia ke II dari Jepang dan Sekutu. Selainitu, terdapat juga patung tradisional dari kayu yang menggambarkan nenek moyang Biak Numfor serta suku-suku di Biak.